• Sobat deso

    Kamis, 16 Maret 2017

    Bingung ingin jualan??Takut gak laku karena banyak saingan?? Ini tips Bijaknya

    Tips Menjual Barang di Internet Agar Cepat Laku


           Apakah Anda sudah merasakan efektivitas penjualan barang via online dibanding dengan cara yang masih konvensional? Ya, dengan fasilitas layanan seperti situs jual beli online atau forum-forum lain, dipastikan Anda dapat menjual berbagai barang apapun dengan lebih ringkas. Proses pembuatan postingan hanya memakan waktu 10 hingga 15 menit saja kecuali memang ada banyak yang harus ditulis dan di upload.

         Selanjutnya dalam bertransaksi Anda pun bisa memilih, apakah bertemu langsung dengan pembeli atau melalui jarak jauh seperti pembayaran via rekening maupun virtual. Nah, sayangnya hingga saat ini masih banyak orang yang mengeluh barangnya belum juga terjual, padahal sudah butuh uang cepat.

         Anda mungkin berpikir bahwa sebuah situs yang menjadi rumah jual beli bohong karena memiliki slogan “Jual cepat”. Padahal sebenarnya ada banyak faktor yang membuat barang yang Anda posting belum laku, atau bahkan sama sekali belum ada orang yang mengirim pesan sekedar bertanya. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik menjual barang di internet agar cepat laku:

    1. Buatlah Postingan Lebih Dari Satu

    Yang kami maksud adalah membuat postingan di beberapa situs jual beli, bukan membuat postingan berkali-kali di situs yang sama. Sebagai contoh Anda sudah membuat postingan pada layanan situs jual beli A, bila memang butuh mendesak bisa membuat postingan di situs atau forum B. Cara ini ampuh agar semakin banyak orang mengetahui. Cara ini sebaiknya dilakukan apabila memang ingin barang Anda cepat-cepat laku. Ingat pula bahwa setelah barang terjual segera hapus postingan.

    2. Masuk Pada Kategori yang Tepat

    Bila barang Anda belum kunjung laku juga, periksa apakah Anda sudah tepat dalam memasukan kategori barang. Jangan sampai Anda menjual laptop tapi memasukannya ke kategori ponsel. Tentu saja kesalahan ini membuat barang tidak laku karena orang yang masuk ke dalam kategori tersebut tidak mencari barang yang Anda jual.

    3. Judul Singkat Padat Jelas

    Manfaatkanlah kolom judul sebaik-baiknya, pastikan untuk judul berisi merek barang, seri barang dan sedikit menuliskan kondisi. Sebagai contoh “Gitar Yamaha RGX 220, mulus” atau “PlayStation 4 HDD mulus fungsi normal”. Judul-judul tersebut memang singkat, padat dan jelas. Anda tidak perlu mencantumkan harga pada judul karena biasanya situs jual beli menyediakan kolom harga tersendiri. Tidak perlu menyebutkan kelengkapan atau kondisi detail karena itu bisa ditulis pada kolom deskripsi. Penulisan judul sebaiknya ditulis seperti asli nama barang agar dengan mudah masuk dalam fitur pencarian.

    4. Foto Asli

    Meskipun Anda menggunakan kamera ponsel yang kualitasnya kurang bagus, tetap saja foto asli mempengaruhi kepercayaan calon pembeli. Jangan harap Anda akan laku barangnya bila foto yang diunggah adalah hasil pengambilan dari Google. Pastikan Anda memotret disetiap bagian sisi terpenting barang, baik depan, samping dan belakang agar calon pembeli tahu bagaimana kondisi barang aslinya. Yang terpenting foto tidak gelap agar bisa terlihat dengan baik.

    5. Tulis Deskripsi Secara Jujur

    Penulisan deskripsi secara jujur membuat barang Anda cepat laku. Meskipun Anda harus menuliskan beberapa kecacatan pada barang Anda. Itu lebih baik dibandingkan Anda harus menulis kebohongan seperti mengklaim barang masih berfungsi padahal sudah rusak. Apabila rusak, bisa jelaskan secara singkat penyebab kerusakan. Tulis juga metode transaksi yang bisa Anda lakukan. Barang Anda tidak akan laku bila Anda hanya mau bertransaksi online dengan pengiriman uang lebih dahulu. Anda harus bersedia COD atau bertemu langsung dan bersedia pula menggunakan rekening bersama. Dengan demikian tentu pembeli akan percaya.

    6. Harga Sesuai Pasaran

    Cek harga barang Anda dipasaran sesuai kondisi barang, jangan semaunya sendiri menetapkan harga. situs jual beli online memang menawarkan ketersediaan barang-barang harga murah bagi buyer. Jadi pembeli tentu lebih banyak opsi untuk memilih mana yang murah, dan mana yang berkualitas. Jangan canggung bila ada pembeli yang mencoba melakukan penawaran.


    Langkah jitu selanjutnya yaitu menggunakan medsos facebook nah berikut ulasanya gan....


       Siapa yang tidak mengenal Facebook?. Situs jejaring social terlaris ini telah bagitu merakyat, tidak tua, muda, laki – laki, perempuan bahkan kyai dan ustadz pun mulai akrab dengan media social ini. Pengguna aktif Facebook telah mencapai lebih dari 1 millyar dan 80 persennya menggunakan seluler atau mobile. Dengan banyaknya pengguna tersebut, bagi orang yang kreatif, facebook bukan hanya sebagai ajang menulis status galau, komentar atau sekedar mengeluh atas keadaan diri. Facebook kini menjadi ajang mencari uang yang dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya :





    1.    Membuat Fans Page

    Fanspage atau halaman fans dulunya dibuat hanya sebagai media untuk penggemar dalam mengikuti perkembangan artis yang di gemarinya. Fanspage atau yang sering disingkat dengan FP, kini telah dijadikan sebagai sarana bisnis. Ada banyak perusahaan yang kemudian membuat halaman untuk memperkenalkan produk terbaru atau untuk lebih dekat dengan para pelanggannya.



    2.    Jual Beli Online

    Anda mungkin sudah terbiasa dengan berniaga.com, Kaskus, tokobagus.com yang kini berubah nama menjadi OLX.co.id, Elevania, bukalapak.com dan situs jual beli lainnya. Facebook kini ternyata tak hanya media saring social namun juga sebagai tempat untuk melakukan jual beli. Ada banyak grup FB yang kemudian dijadikan sebagai forum jual beli. Saya sendiri lebih menyukai forum di FB daripada di Berniaga dll, selain lebih mudah, area atau lokasi penjual dan pembeli biasanya sudah dikhususkan di satu kabupaten sehingga lebih mudah dalam bertatap muka. Kalaupun ada hal yang tidak tepat, maka bisa lebih mudah menanganinya.


    Dari grup – grup ini, anda bisa menjadi penjual atau reseller. Yang pertama anda bisa membeli barang murah berupa barang second lalu menjualnya di dunia nyata, dan yang kedua adalah anda membeli dari dunia nyata lalu menjualnya ke dunia maya. Keduanya sama sama menguntungkaan tergantung kemampuan anda menaksir barang. Jika sehari anda bisa menjual satu barang maka bukan tidak mungkin anda akan meraup laba yang melimpah.

    3.    Toko Online

    Jangan kaget jika sekarang anda menemui banyak akun abal – abal atau kloningan yang mengaku berjenis kelamin perempuan dan dipasaang foto profile cantik tapi rupanya itu hanya akun spam atau akun bohongan. Akun ini dijadikan sebagai media atau alat untuk mempromosikan berbagai barang mulai dari pakaian, sepatu hingga iklan yang aneh-aneh. Jika anda memiliki produk yang ingin dijual, anda bisa membuat beberapa akun wanita cantik karena secara otomatis akan ada banyak pertemanan yang harus anda tanggapi. Jika anda memiliki 5 akun abal – abal dengan jumlah petemanan setiap akunnya adalah 5 ribu maka anda akan memiliki peluang promosi kepada 25 ribu orang. Hebat bukan?


    4.    Afiliate Marketing

    Affiliate marketing merupakan sejenis bisnis yang mirip dengan calo atau makelar. Jika terdapat sebuah produk baik software, program atau hal lain dapat anda promosikan dengan keuntungan menggunakan system affiliate marketing. Biasanya, anda akan diberi link promosi. Dari link promosi inilah kemudian anda bisa share di FB agar orang dapat membeli suatu produk dari link anda dan tentunya setiap pembelian, anda akan mendapatkan komisi.

    Selain cara – cara diatas, ada banyak tawaran bisnis di Facebook yang ditawarkan oleh berbagai situs. Anda perlu berhati – hati karena banyak sekali model bisnis – bisnis yang seperti ini yang ternyata scam atau penipuan.

    Lalu Bagaimana cara Anda berpromosi menggunakan grup facebook saat ini, apakah sudah maksimal ? Jika Belum, Berikut ini enam tips yang ampuh dan jitu untuk memaksimalkan promosi melalui grup facebook

    1. Bergabung di banyak grup

    Coba lihat lagi FB anda sudah bergabung di berapa banyak grup Facebook  ? Bila jumlah grup Anda masih kurang dari 100 itu artinya masih kurang maksimal. Anda sudah bergabung di lebih 100 grup Facebook, apakah ada 100 grup yang sesuai dengan pasar produk/jasa yang Anda jual. Kalau belum memiliki lebih dari seratus grup Facebook yang sesuai dengan jasa/produk Anda, ini saatnya Anda untuk  bergabung ke banyak grup.

    2. Pilihlah grup yang aktif

    Selain bergabung ke banyak grup, memilih grup yang aktif juga merupakan salah satu indikator untuk memaksimalkan promosi ke grup Facebook. Bila Anda bergabung ke banyak grup tetapi anggota grup Facebook tersebut pasif, ini juga kurang maksimal. Untuk memilih grup Facebook yang aktif, salah satu indikatornya adalah jumlah anggota grup yang lebih dari 1000 orang. Karena biasanya grup Facebook dengan lebih dari 1000 anggota lebih aktif dibandingkan dengan grup yang hanya memiliki ratusan anggota.

    3. Jangan lakukan Spaming

    Jangan melakukan promosi produk yang terlalau sering atau bertentangan dengan aturan grup. Spaming adalah tindakan yang tidak baik, bahkan Anda bisa tekena sanksi jika melanggar. Promosi ke banyak grup terus-menerus juga bisa membuat akun Facebook Anda, terkena sanksi dari Facebook.  Jadi lakukanlah promosi yang wajar, dengan melakukan promosi  produk/jasa yang wajar Anda akan mendapatkan respon yang positif.

    4. Jangan cuma Promosi

    Bila Anda memiliki informasi yang bermanfaat yang berkaitan atau tidak berkaitan dengan produk/jasa yang Anda jual. Bagikanlah informasi tersebut ke grup Facebook Anda. Dengan  membangikan informasi yang bermanfaat akan meningkatkan citra Anda di mata anggota grup Facebook Lain.

    5. Tulislah deskripsi yang jelas

    Bila Anda menjual produk/jasa, jangan malas untuk menulis deskripsi produk anda yang lengkap. Dengan menulis deskripsi yang lengkap, Anda bisa membuat orang lebih tahu tentang produk/jasa yang Anda jual.

    6. Gunakan Call to Action

    Call to action adalah ajakan berupa link atau gambar untuk melakuakan sesuatu. Contoh : Mau tahu cara efektif promosi menggunakan Blackberry, klik disni. Kata disini adalah call to action, ini sangat penting untuk mendapatkan prospek untuk produk/jasa yang Anda jual. Anda juga bisa melacak berapa orang yang sudah mengklik call to action Anda. Untuk melakukan pelacakan bisa menggunakan layanan seperti bit.ly, goo.gl, adf.ly dll. Dengan melakukan pelacakan, Anda bisa melakukan evaluasi strategi promosi Anda apakah sudah efektif atau belum.

    kalau sudah jualan di FB jangan seperti gambar dibawah ini ya gan daripada kena buli hehehehhehe



     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar