• Sobat deso

    Senin, 10 April 2017

    Indikator hand rem nyala terus padahal sudah diturunkan


    Lampu rem tangan didashboard mobil nyala terus saat mesin hidup / lampu Handrem Nyala terus mesin mobil hidup atau kunci kontak mobil pada posisi ON padahal
    handrem sudah diturunkan. Perlu diwaspadai jika handrem sudah diturunkan tapi lampu hand rem tetap menyala, mungkin ada yang salah dengan mobil Anda.
    Handrem atau biasa kita sebut rem tangan yang ada di mobil berfungsi untuk melakukan pengereman saat parkir sehingga disebut juga rem parkir.

    Hand rem atau rem tangan atau pun rem parkir di lengkapi dengan indikator lampu di dashboard, indikator lampu yang ada didashboard ini untuk mengingatkan kita ketika mengemudi mobil apakah sudah lepas hand rem atau belum. Karena jika kita lupa melepas handrem saat mobil jalan, meskipun terkadang mobil tetap bisa jalan, bisa menimbulkan panas berlebihan pada roda belakang dan tidak jarang keluar asap dari roda belakang.

    Jika mendapati lampu handrem nyala terus artinya handrem belum terlepas, tetapi jika lampu hand rem masih nyala tetapi rem tangan sudah di bebaskan, perlu dicari hal yang menjadi penyebab lampu rem yang ada di dashboard tersebut masih nyala.

    Terdapat tiga hal utama penyebab lampu Rem Tangan Nyala terus:

    1. Saklar rem tangan rusak atau tidak berfungsi sehingga terhubung terus

    2. Minyak rem yang berada di tabung reservoir minyak rem habis karena mungkin terjadi kebocoran minyak rem pada sistem rem.

    3. Minyak rem di dalam tabung reservoir berada di level LOW akibat menipisnya kampas rem atau brakepads.

    Tips dan cara pemeriksaan jika lampu Handrem tidak mau mati

    1. Periksa swith handrem dan jika normal, memang jarang ada masalah dengan switch handrem. Selanjutnya adalah periksa ketinggian minyak rem yang terdapat pada tabung reservoir minyak rem, hal biasa terjadi jika lampu handrem nyala terus ketika mesin hidup karena posisi minyak rem sudah di bawah lower.

    2. Periksa dari kemungkinan Terjadi kebocoran Pada Sistem rem

    Kebocoran dapat terjadi dalam selang rem, kaliper disc brake, drum brake wheel cylinders atau pada master cylinder itu sendiri dan master kopling jika kendaraan menggunakan satu aluran minyak rem dan minyak kopling. Terlihat basah pada sambungan selang-selang rem akan menjadi petunjuk mengenai kebocoran yang perlu diperbaiki.

    3.Brake pad atau kampas rem sudah waktu nya diganti

    Ketika menemui lampu handrem nyala lebih baik jangan menambahkan minyak rem terlebih dulu sebelum memastikan tidak ada kebocoran. Jika memang tidak terlihat kebocoran pada sistem rem, lebih baik periksakan ke bengkel untuk mengetahui masalah nya.

    Minyak rem habis tetapi tidak terdapat kebocoran pada sistem rem menandakan brake pad sudah tipis dan waktunya di ganti..

    Tetapi jika tetap mengisikan minyak rem sedangkan kampas rem sudah tipis bisa mengakibatkan rem lengket karena ketika kampas rem sudah benar-benar habis tidak akan ada lampu peringatan rem didashboard nyala. Dan akibatnya adalah tinggal bagian besi pada kampas rem yang akan melakukan pengereman, akhirnya muncul panas berlebihan, mungkin bunyi dan lengket antara besi kampas rem dengan disc brake.

    Saat di ganti kampas rem mobil atau brakepads dengan yang baru minyak rem akan kembali naik dan lampu indikator mati saat lepas hand rem.

    Karena piston kaliper harus dimundurkan ketika mengganti brake pads baru dan ketika piston rem mundur mengurangi volume minyak rem yang terdapat di belakang piston caliper rem dan minyak rem terdorong kembali ke tabung reservoir minyak rem.
    Semoga bermanfaat

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar